logo sekolah

logo sekolah

PHSI

PHSI
phsi

rohis

rohis

PRAMUKA

PRAMUKA

hai hai

selamat datang,, semoga anda puas dengan blog kami...

amin

Cari Blog Ini

Rabu, 18 November 2009

Asal Mula Tafsiran Kiamat 2012

http://www.medantalk.com/wp-content/uploads/20121.jpgb Akhir penanggalan suku Maya yang tersirat dalam sebuah monumen 900 SM telah ditafsirkan sebagai akhir bumi alias kiamat. Pada monumen bernama Tortuguero Enam itu, ditunjukkan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012, tepat pukul 11:11. Hari itu akan menjadi penutup siklus kalender Maya yang berusia 5.125 tahun.

Lantas, benarkah kiamat akan benar-benar terjadi hari itu? Tafsiran itu ternyata salah. Menurut seorang arkeolog asal Kanada, yang juga seorang dosen , Kathryn Reese-Taylor, hal tersebut bukan ramalan akhir dunia.

“Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di masa lalu atau peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Tidak ada poin-poin tulisan dalam monumen yang secara spesifik meramalkan akhir dari dunia,” katanya.

Hal tersebut diasumsikan oleh orang yang mempelajari literatur suku Maya yang penanggalannya merujuk pada waktu ketika dewa akan turun ke bumi. Namun, pemeriksaan ulang terhadap teks tersebut dijelaskan bahwa hal tersebut mungkin tidak akan terjadi.

Reese-Taylor membuat sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa dokumen suku Maya tidak pernah bermaksud sebagai akhir dunia. Namun orang-orang Amerika Utara yang telah membuat interpretasi seperti ini, ujarnya.

“Ide mengenai ramalan suku Maya menguak tahun 1970 saat para jurnalis dan penulis Amerika utara mulai menafsirkan ide yang berakar dari suku Maya, Aztec dan kebudayaan Hopi sebelum akhirnya memulai apa yang disebut dengan ramalan suku Maya,” jelas Reese-Taylor. Pada tahun 1970, masyarakat Amerika utara memulai pergeseran tren dari agama yang terorganisir, ke arah kepercayaan dan agama adat, jelasnya. (ap/ic)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar